Close

Lupus

lupus-logo

Pada tau nggak penyakit lupus itu apa ? yang aku tau sih penyakit Lupus itu yang biasanya muncul di film atau sinetron Indonesia. Terus nanti di akhir filmnya yang menderita lupus itu meninggal _-_ Huehehe aku sok tau banget 😀 Nah daripada kita ngomongnya simpang siur tentang Lupus … mending kita baca postingan aku deh. Kita kenalan dulu sama si Lupus. Yukk cekidot !

Lupus berasal dari bahasa latin yang berarti anjing hutan atau serigala, sedangkan erythematosus dalam bahasa Yunani berarti kemerah-merahan. Istilah lupus erythematosus pernah digunakan pada zaman Yunani kuno untuk menyatakan suatu penyakit kulit kemerahan di sekitar pipi yang disebabkan oleh gigitan anjing hutan. Penyakit lupus sering diderita oleh kaum perempuan.

Penyakit lupus adalah penyakit baru yang setara dengan kanker. Tidak sedikit pengindap penyakit ini tidak tertolong lagi, di dunia terdeteksi penyandang penyandang penyakit lupus mencapai 5 juta orang, dan lebih dari 100 ribu kasus baru terjadi setiap tahunna. Tubuh memiliki kekebalan tubuh unttuk menyerang penyakit dan menjaga agar tetap sehat. Namun apa jadinya jika kekebalan tubuh justru menyerang organ yang sehat. Penyakit lupus disuga berkaitan dengan sistem imunologi yang berlebih.

Menurut data pustaka, di Amerika Srikat ditemukan 14,6 sampai 50,8 per 100.000. di indonesia bisa di jumpai sekitar 50.000 penderitanya. Sedangkan saat ini ada sekita 5 juta pasien lupus di seluruh dunia dan setiap tahun di temukan le ih dari 100.000 pasien baru, baik usia anak, , dewasa lai laki, dan perempuan. Sembilan puluh persen kasus lupus menyerang wanita muda dengan insiden puncak pada usia 15-40 tahun selama masa reproduktif dengan rasio wanita dan laki laki 5:1 .

Penyakit lupus memang sangat awam bagi masyrakat. Penyakit lupus biasanya menyerang wanita produktif. Meski kulit wajah penderita lupus dan sebagian tubuh lainnya muncul bercak-bercak merah, tetapi penyakit ini tidak menular. Terkadang kita meremehkan rasa nyeri pada persendian, seluruh organ tubuh terasa sakit atau terjadi kelainan pada kulit., atau tubuuh merasa kelelahan berkepanjangan serta sensitif terhadap sinar matahari. Semua itu meupakan sebagian dari gejala penyakit lupus.

Faktor yang diduga sangat berperan terserang penyakit lupus adalah faktor lingkungan, seperti paparan sinar matahari, stres, beberapa jenis obat, dan virus. Oleh karena itu, bagi para penderita lupus dianjurkan keluar rumah pada sebelum pukul 09.00 atau sesudah pukul 16.00. saat bepergian, penderitamemakai sunblock atau sunscreen (pelindung kulit dari sengatan matahari) pada bagian kulit yang akan terpapar. Oleh karena itu, penyakit lupus merupakan penyakit autoimun sistemik dimana pengaruh utamanya lebih dari satu organ yang di timbulkan.

Faktor yang mempengaruhi :

  1. Genetik

Orang yang mempunyai riwayat keluarga dengan lupus memiliki 3-10% resiko menderita penyakit tidak terbatas hanya Lupus, tapi juga penyakit autimun lainnya sepeeti arthritis reomathid. Pada kembar identik, resiko Lupus meningkat menjadi 25% pada saudara kembar dari pasien yang menyandang Lupus (Djoerban, 2002).

  1. Hormon

Penyandang Lupus wanita:pria adalah 9:1. Hal ini disebabkan oleh faktor hormonal. Estrogen terbukti sebagai hormon yang mempengaruhi aktifnya lupus dalam penelitian hewan baik secara invitro maupun invivo. Sehingga harus benar-benar dipertimbangkan pemberian terapi hormon dan alat kontrasepsi yang mengandung estrogen pada Odapus (Djoerban, 2002).

  1. Lingkungan

Beberapa faktor lingkungan diduga berperan kuat mencetuskan lupus, diantaranya adalah : infeksi, zat kimia, racun, rokok, dan sinar matahari.

Jenis jenis penyakit lupus :

  1. Lupus eritematosis diskoid (DLE)

Paling sering menyerang dan merupakan lupus kulit dengan manifestasi beberapa jenis kelainan kulit. Kelainan biasanya berlokalisasi simetrik di muka (terutama hidung.pipi), telinga atau leher.

  1. Lupus Eritematosus Sistemik (SLE)

SLE merupakan penyakit demam sistemik, kronik, berulang dengan gejala yang berhubungan dengan semua jaringan, terutama sendi, kulit, dan membran serosa. Dapat menimbulkan komplikasi seperti lupus otak, lupus paru9paru, lupus pembuluh darah jari-jari tangan atau kaki, lupus kulit, lupus ginjal, lupus jantung, lupus darah, lupus otot, lupus retina, lupus sendi, dan lain-lain (Robbins dkk; 1999)

  1. Lupus Eritematosus yang disebabkan obat

Pada sindrom LE melibatkan banyak organ namun penyakit ginjal dan susunan saraf jarang terjadi. Penyakit mempunyai hubungan dengan HLA-DR4. Penyakit ini timbul akibat efek samping obat dan akan sembuh sendiri dengan memberhentikan obat terkait (Robbins, 1999).

Ini gambar penderita lupus :

penyakitlupus   subacute_cutaneous_lupus_erythematosus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 All about health | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.
Skip to toolbar